BKKBN Ingin Lelaki Berani Pakai KB Vasektomi

0
101
Dwi Listyawardhani memberikan perlengkapan untuk KB ke Bu Lurah Songgoriti (fathul)

MALANGVOICE – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur berharap para suami lebih berani menjalankan Keluarga Berencana (KB) dengan cara vasektomi. Selama ini KB hanya menyasar kaum istri.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dwi Listyawardhani, mengatakan, pihaknya sudah lama menggencarkan kampanye lelaki KB. Namun ternyata tetap tidak menyebar dan tidak dilakukan para lelaki.

“Kota Batu harus memberi kompensasi misalnya, supaya menyulut semangat kaum suami. Seperti Gresik dapat sepeda ontel, dan di Kediri malah ada kompensasi Rp 1 juta kalau lelaki mau vasektomi,” jelas Dwi kepada media.

Lagi pula, sambungnya, ketika perempuan sudah berusia 35 tahun ke atas punya kerawanan tersendiri saat hamil. Sehingga langkah yang tepat adalah melakukan KB. Karena itu, 2 anak dirasa ideal untuk menjadi penerus generasi bangsa.

“Jumlah pasangan subur di Jatim itu ada 7,5 juta dan 65 persennya aktif ikut metode kontrasepsi. Nah yang lelaki hanya 2 sampai 3 persen saja yang mau ikut KB. Karena itu daerah harus mengatur strategi dan promosi,” tandasnya.