BKD Batu Anggarkan Rp 4 Miliar untuk Bela Negara

0
40
Achmad Suparto
Achmad Suparto (fathul)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Batu akan menjalankan program bela negara yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan tahun lalu. Rencananya seluruh PNS akan mendapat jatah program ini sehingga bisa memupuk nasionalisme.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batu, Achmad Suparto, mengatakan, anggaran untuk program bela negara mencapai Rp 4 miliar. Namun ia memperkirakan uang itu tidak akan terpakai semua.

“Programnya seharusnya 12 hari, tapi saya rasa untuk PNS dimaksimalkan pada 6 hari. Karena latihannya terpusat di kompleks kemiliteran sehingga bisa tertib, disiplin, dan tepat sasaran,” ungkap Suparto kepada media.

Ia menambahkan, sebenarnya pelatihan bela negara tidak diharuskan di dalam kompleks kemiliteran. Namun yang paling penting adalah bagaimana agar kegiatan dapat berjalan disiplin sehingga materi maksimal.

“Yang ikut nanti PNS yang akan naik pangkat, kemudian usulan dari SKPD kalau di sana nggak ada yang naik pangkat,” tambah Suparto.

Perlu diketahui, bela begara berbeda dengan wajib militer. Dalam bela negara, ada lima nilai dasar yang diajarkan, yakni cinta tanah air, rela berkorban, sadar berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi negara, serta memiliki kemampuan awal dalam bela negara baik fisik maupun nonfisik