Bingung Pilih Tabir Surya, Ikuti Tips Ini!

0
12
Kaki seseorang belang karena tidak memakai lotion tabir surya (anja)

MALANGVOICE – Sebagian orang masih bingung memilih produk tabir surya apa yang harus digunakan, karena ada banyak istilah yang membingungkan pada kemasannya.

Seorang dokter kulit, dr Novianti Dewi SpKK, mengatakan, tabir surya dibedakan melalui tingkatan SPF-nya, yaitu Sun Protection Factor.

“Botol dengan tingkat SPF yang lebih tinggi akan melindungi lebih baik terhadap sinar UVB yang berbahaya,” katanya, saat dihubungi MVoice, beberapa menit lalu.

Menurut dia, jumlah SPF merupakan indikator dari berapa lama seseorang dapat tinggal di bawah sinar matahari tanpa terbakar.

Misalnya, jika seseorang biasanya akan terbakar dalam 15 menit, lotion dengan SPF 15 akan memungkinkan mereka berada di bawah sinar matahari 15 kali lebih lama (atau untuk 225 menit) tanpa terbakar.

“Saya rekomendasikan setiap orang memakai produk dengan SPF minimal 15,” katanya.

Lantas apakah SPF 50 akan melindungi jauh lebih baik dibanding lotion dengan SPF 30, ia mengatakan belum tentu demikian.

“Lotion dengan SPF 50 hanya melindungi sekitar 2% lebih dari lotion dengan SPF 30. Jadi pemakaian berulang itu perlu, mbak,” katanya.