Bikin Masker Bengkoang di Rumah, Ini Caranya!

0
1264
Bulir bengkoang (istimewa)
Bulir bengkoang (istimewa)

MALANGVOICE-Bengkoang terkenal akan manfaatnya sebagai anti oksidan dan kandungan vitamin C yang mampu memutihkan wajah alami. Ini dia tips membuat masker bengkoang alami di rumah seperti dirangkum MVoice dari Sinta Nur SpKK, dokter kulit yang praktek di Jalan Candi Mendut Malang.

Cara membuat masker bengkoang pertama kali adalah dengan menyiapkan satu buah bengkoang, kupas sampai bersih. Selanjutnya parut bengkoang sampai halus.

“Bisa juga diblender, tapi jangan dicampur air,” katanya kepada MVoice.

Selanjutnya, peras air bengkoang agar tersisisa bulir-bulir bengkoangnya saja. Endapkan sari bengkong itu selama 1 malam.

“Setelah 1 malam, akan terdapat endapan di bagian bawah wadah penampuangan sari bengkoang. Buang airnya, ambil endapan bengkoangnya saja. Endapan ini adalah pati bengkoang,” tambah dia.

Lalu campurkan pati yang sudah didapatkan dengan tepung beras. Keringkan di bawah sinar matahari. Setelah cukup kering, tambahkan minyak zaitun.

Campurkan kembali, lalu bentuk bulatan-bulatan seperti kelereng. Keringkan selama 2 hari, atau hingga bulatan-bulatan kering dengan sempurna. Setelah kering, simpan bulatan-bulatan itu pada wadah berpenutup.

“Cara menggunakan masker bengkoang buatan sendiri ini cukup mudah. Ambil 1 atau 2 bulatan, campurkan dengan sedikit air. Aduk-aduk, lalu balurkan di wajah. Diamkan sejenak, hingga baluran mengering di wajah, lalu bilas,” paparnya.