Bhawikarsu Jiwaku, Ikasmariagitma Organisasiku

0
38
poster kegiatan (istimewa)
poster kegiatan (istimewa)

MALANGVOICE -Jika bicara SMAN 3 Malang semua akan ingat kegiatan Pentas Seni Citra Smanti atau yang lebih terkenal dengan PSCS, atau tim bola basketnya. Tak lupa kehebohan acara dan dengungnya selalu melibatkan peran serta alumni SMAN 3 Malang dari segala penjuru Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri. Merekapun membentuk ikatan alumni.

Sejarah Ikatan Alumni SMAN 3 Malang berawal pada 10 Agustus 2002, di Malang saat Reuni Akbar alumni SMA Negeri 3 Malang, yang bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-50 SMA Negeri 3 Malang. Para alumni peserta secara spontan dan antusias menyambut positif dan menyetujui pembentukan ikatan alumni SMA Negeri 3 Malang yang kemudian dikenal dengan akronim IKA SMARI AGITMA.

“AGIT itu bahasa walikannya TIGA” kata Ketua Ikasmariagitma Malang periode sampai dengan 2106 , Hari Reso dengan senyumannya yang khas.

Motto IKASMARIAGITMA sama dengan motto yang digunakan oleh SMAN 3 Malang yang sejarahnya berbeda dari kebanyakan sekolah-sekolah yang mottonya diciptakan dari guru atau unsur pimpinan yang ada di sekolah tersebut, namun berbeda dengan SMA Negeri 3 Malang atau lebih sering disebut SMANTI, mottonya merupakan hasil karya siswa dan siswi SMA Negeri 3 Malang pada lomba kebersihan bulan Juli 1967. Semboyan tersebut adalah: Bertakwa, Belajar, Bekerja, Berjuang.

Namun pada HUT Ke-17 SMA Negeri 3 Malang, tepatnya pada 8 Agustus 1969 atas persetujuan Dewan Guru/ Karyawan serta pengurus KPSMA3Malang semboyan tersebut diperbarui menggunakan bahasa Sansekerta menjadi, Bhaktya, widagdha, karya, sudhira.

Nilai puitis dan estetis serta emotional-artistic yang menjadikan semboyan asli diubah menjadi bahasa Sansekerta, semboyan ini lah yang kemudian dikenal dengan singkatan Bhawikarsu. Sehingga kita juga sering mengenal sebutan siswa/siswi SMA Negeri 3 Malang menjadi Pejuang Bhawikarsu. Penggubah semboyan ini adalah Bapak Rahardjo (pengajar Bahasa Indonesia saat itu).

Segera, Iksmariagitma punya gawe besar MUSDA IV di Hotel Gajah Mada Graha Malang pada tgl 31 Juli 2016 mulai pukul.08.00 yang akan dilanjut gebyar acara halal bihalal alumni SMAN 3 Malang semua angkatan di tempat yang sama yaitu Hotel Gajah Mada Graha yang berlangsung dari pukul 11.00 sampai dengan 15.00.

“Alumni SMAN 3 Malang selalu sangat antusias melepas kangen antar alumni dan sangat kompak dimana-mana bahkan seperti saudara sendiri, luar biasa!,” tutur Hari Reso bersama-sama sebagai ketua ikasmariagitma cabang malang dan Tousa Apr sebagai ketua panitia acara.