Besok, Ribuan Siswa dan Santri Semarakkan Parade Muharram

0
9
Parade Muharram 1437 H dan Hari Santri 2015. (istimewa)

MALANGVOICE – Sebanyak 44.000 siswa dan santri seluruh Kota Malang bakal meriahkan Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah dengan Parade Muharram.

Dengan tema “Umat Islam Bersatu, Tegakkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar di Bawah Naungan Pancasila dan NKRI”, peserta dari Madrasah Ibtidaiah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Aliyah (MA) Swasta maupun Negeri, Pondok Pesantren, dan Madrasah Diniyah, serta Organisasi Masyarakat NU & Muhammadiyah itu bertujuan untuk menjalin silaturahmi, persatuan dan kesatuan untuk meningkatkan solidaritas intern umat Islam di Kota Malang, mengokohkan tegaknya amar ma’ruf nahi mungkar demi terwujudnya Malang bermartabat, serta memperkuat komitmen menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Walikota Malang H. Moch Anton, berharap, kegiatan itu dapat meningkatkan eksistensi dalam membangun dan membina serta mengarahkan masyarakat muslim menjadi lebih baik sebagai wujud ibadah kepada Allah SWT.

Kegiatan ini diadakan juga untuk menggali potensi diri melalui minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap santri, mengembangkan kreativitas dakwah Islam, menyediakan wahana seni yang positif terhadap masyarakat, serta menginformasikan nilai-nilai Islam pada masyarakat melalui kreasi seni.

“Diharapkan setelah terselenggaranya kegiatan itu dapat membangkitkan kembali arti pentingnya nilai-nilai Islam dalam kehidupan,” kata Anton.

Anton juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Malang karena dengan adanya kegiatan ini perjalanannya menjadi sedikit terganggu yang disebabkan adanya pengalihan arus jalan.

Rute dari parade yang digelar Sabtu (14/11) pada pukul 06.00 WIB itu adalah start dari Balaikota Malang menuju Jalan Suropati, selanjutnya Jalan Thamrin, Jalan Dr. Cipto, Jalan Jaksa Agung Suprapto, dan Jalan Basuki Rahmat, kemudian finish di Alun-Alun Kota Malang.