Besok, Harga BBM Kompak Turun

0
42
Petugas Pertamina mengecek tangki terakhir di depot pengisian BBM (fia)

MALANGVOICE – Selain menurunkan harga premium dan solar, Pertamina juga berencana l mengoreksi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertamax dan pertalite. Koreksi harga ini rencananya mulai berlaku 5 Januari 2016 besok, bersamaan pemberlakuan harga baru premium dan solar.

Kendati penurunan harga akan diberlakukan besok, namun Pertamina Depot Malang mengaku hingga sore ini belum mendapatkan kepastian besaran penurunan harga.

“Kabarnya memang ada penurunan, tapi pastinya belum tahu karena hingga sore ini Surat Ketetapan (SK) dari pusat belum kami terima,” kata Senior Sales Executive Retail VII Pertamina Depot Malang, Tito Rivanto Marsonomsaat dikonfirmasi MVoice, beberapa saat lalu.

Dikonfirmasi ditempat terpisah Assistant Manager External Relation Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, Heppy Wulansari mengatakan hal serupa. Hingga sore ini Pertamina MOR V masih menunggu keputusan terkait nominal penurunan harga BBM.

“Surat edaran berisi pemberitahuan ke SPBU terkait penurunan harga sudah disebar beberapa waktu lalu. Namun tidak disebutkan nominal penurunan harga,” kata Heppy.

Heppy melanjutkan, biasanya surat edaran akan dibagikan ke SPBU maksimal H-1 perubahan harga. Namun karena hingga sore ini belum ada perkembangan, bisa jadi pemberitahuan ke SPBU akan dilakukan nanti malam atau saat SK sudah diterima MOR V.

“Di surat edaran yang sudah disebarkan, Pertamina hanya memberitahukan penurunan harga dan meminta SPBU untuk tidak melakukan penahanan pembelian agar stok pasar tetap terpenuhi,” terang Heppy.

Jika merujuk pada rencana semula, Pertamina akan memberlakukan harga baru untuk premium dengan harga Rp 7.150 per liter, solar Rp 5.950 per liter, Pertalite Rp 7.950 per liter dan Pertamax Rp 8.650 per liter. Khusus untuk pertalite saat ini harganya Rp 8.200 per liter dan pertamax Rp 8.650 per liter.