Berprestasi dalam Pengelolaan Uang, Pemkab Malang Dapat DID Rp 41 Miliar

1
116
Pj Bupati Malang, Hadi Prasetyo (kiri) dan Kepala Dinas Pendapatan, Willem Petrus Salamena menunjukkan piagam penghargaannya. (istimewa)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mendapat penghargaan tingkat nasional dari Presiden RI, Joko Widodo, sebagai daerah berprestasi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Penjabat Bupati Malang, Hadi Prasetyo, di Istana Negara Jakarta, didampingi Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset, Willem Petrus Salamena.

Atas prestasi itu, Pemkab Malang bakal mendapat Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat kurang lebih sebesar Rp 41 miliar, seperti yang tertulis di malangkab.go.id.

Selain itu, presiden selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan negara juga menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2016 kepada menteri dan pemimpin lembaga sebagai pengguna anggaran. Menteri Keuangan sebagai Bendahara Umum Negara dan para gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

“Penyerahan DIPA 2016 ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 yang telah disepakati oleh DPR dan pemerintah pada Oktober 2015,” jelas Pj Bupati, Hadi Prasetyo.

Tujuan penyerahan DIPA 2016 ini agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran bisa lebih cepat, merata dan memberikan dampak multiplikasi yang lebih besar pada kegiatan perekonomian.

“Presiden instruksikan kepada kami agar meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan anggaran agar tertib dan wajar tanpa pengecualian, juga supaya anggaran dimulai penggunaannya sejak Januari, tidak boleh menumpuk di akhir tahun,” tandas Prasetyo.