Berkedok Carikan Pekerjaan, Rian Diringkus Polsek Singosari

0
45

MALANGVOICE – Seorang penipu berlagak makelar pekerjaan, Rian Efendi, siang tadi digeruduk warga yang merasa tertipu, di rumahnya, di Dusun Bodean, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Korban dijanjikan mendapat pekerjaan sebagai Satpam di perusahaan besar dengan gaji selangit. Namun, sebelum masuk bekerja, Rian meminta sejumlah uang, mulai Rp 3,5 juta untuk biaya pendidikan atau pelatihan.

Sekitar 20 korban itu lantas menanyakan dan menagih janji pelaku. Khawatir ada tindakan anarkis, polisi akhirnya datang tepat waktu dan mengamankan tersangka.

Dari keterangan salah satu korban, Moh Fachrul Anam, warga Bangil, Pasuruan, pelaku menjanjikan pekerjaan sejak September lalu. “Setelah setor uang, ternyata sampai sekarang tidak ada panggilan. Ternyata perusahaan juga ternyata tidak butuh tenaga kerja baru,” timpalnya.

Dari keterangan kepada polisi, pelaku sudah memberikan janji palsu ke 40 orang. Mereka berasal dari bermacam daerah, seperti Pasuruan, Blitar, Magetan, Sidoarjo dan Malang.

“Korban diiming-iming pekerjaan di rumah sakit dan perusahaan besar. Kini tersangka masih dilakukan penyidikan lebih lanjut,” kata Kanit Reskrim, Polsek Singosari, Iptu Hadi Puspita.