Beri Santunan Anak Yatim, Pemkot Batu Tiru Ajaran Nabi

0
161
Pembagian santunan dari Pemkot Batu untuk anak yatim piatu oleh Wali Kota Eddy Rumpoko (fathul)
Pembagian santunan dari Pemkot Batu untuk anak yatim piatu oleh Wali Kota Eddy Rumpoko (fathul)

MALANGVOICE – Safari Ramadan Pemkot Batu yang pertama di Polres Batu, diselingi dengan menyantuni anak yatim sebanyak 112 anak. Mereka berasal dari dua desa, Oro-oro Ombo dan Beji, Kecamatan Batu.

KH Abdul Muin, dalam mauidho hasanahnya memuji perilaku Pemkot Batu yang direpresentasikan Wali Kota Eddy Rumpoko yang memberikan santunan saat Ramadan.

“Pemberian santunan saat Ramadan ini sesuai dengan yang dilakukan Nabi. Ketika memasuki Ramadan, pasti Nabi memperbanyak santunan. Jadi memang saatnya menaikkan kadar kedermawanan kita,” pesan KH Abdul Muin.

Dikatakan juga, dengan memberikan santunan kepada anak yatim, hati pemberinya akan lembut. Bahkan seluruh cita-cita juga akan dikabulkan, karena Allah menyayangi dan mendengar doa anak yatim.

Punjul Santoso saat memberikan santunan kepada anak-anak yatim (fathul)
Punjul Santoso saat memberikan santunan kepada anak-anak yatim (fathul)

“Hadits nabi yang lain, ada tiga orang yang akan mendapatkan perlindungan Allah pada panasnya hari kiamat, salah satunya orang yang suka menyantuni anak yatim,” urainya.

Selain menyantuni anak yatim, setiap muslim juga diharuskan memberikan makan kepada mereka sebagaimana makanan yang kita makan. “Harus makanan yang baik lah, jangan sisa-sisa,” imbuh KH Abdul Muin.

Sementara Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menegaskan, pihaknya ingin Pemkot Batu bisa bekerja lebih berkah, sehingga memberikan santunan kepada anak yatim menjadi keharusan.

“Hakekat puasa adalah banyak memberi dari pada menerima. Kalau kita banyak memberi anak yatim supaya mendapatkan doa mereka,” tandas Punjul.