Berhasil Ranking 3 di Pimnas, Begini Strategi UM

0
137
Mahasiswa berdiskusi soal PKM (anja)

MALANGVOICE – Tahun ini Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menduduki posisi 3 besar di ajang bergengsi Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2016, mengalahkan 151 perguruan lain di Indonesia.

Menariknya, posisi 3 besar itu menjadi kejutan bagi pihak kampus UM, karena Kampus ITS yang sebelumnya duduk di ranking 3 Pimnas 2015, kini tergeser UM

“Tahun sebelumnya UM hanya ada 9 judul yang lolos Pimnas, dan dapat ranking 11,” kata Wakil Rektor 3 UM, Syamsul Hadi, kepada MVoice.

Tentu prestasi itu diraih karena usaha dan peran berbagai pihak serta budaya ‘demam’ PKM yang sengaja ditularkan kepada Mahasiswa sejak tahun pertama berkuliah.

“Kita harus membuat budaya demam PKM. Mahasiswa kita dorong membuat proposal sebanyak-banyaknya. Bahkan kita kenalkan saat orientasi mahasiswa baru, karena Pimnas ini ajang paling bergengsi di perguruan tinggi,” katanya.

Hadi juga menambahkan, pihak rektorat juga selalu mensosialisasikan ke setiap fakultas dan jurusan untuk membuat proposal PKM sebanyak-banyaknya.

Dijelaskan, di tingkat universitas, UM mempunyai tim penalaran khusus yang melakukan bimbingan intensif bagi mahasiswa yang proposalnya lolos pendanaan.

“Ormawa (organisasi mahasiswa) juga dilibatkan untuk proses mentoring adik-adik tingkatnya,” imbuhnya.

Dia berharap, pada final ajang Pimnas di IPB, Agustus nanti, UM bisa mempertahankan ranking dan menyabet medali emas.