Beredar Foto Warga Hidup Mengenaskan, Kadinsos Batu: Sudah Kami Urusi!

0
67
Kondisi warga yang beredar di media sosial karena sakit dan miskin (istimewa)

MALANGVOICE – Foto salah satu warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, yang beredar di media sosial, baru-baru ini, membuat Pemkot resah. Pasalnya, informasi yang beredar tidak sesuai fakta di lapangan, dan cenderung menyudutkan Dinas Sosial.

Camat Batu saat mengunjungi keluarga yang tinggal di lereng Panderman (istimewa)
Camat Batu saat mengunjungi keluarga yang tinggal di lereng Panderman (istimewa)
Dalam foto plus keterangan yang beredar melalui WhatsApp, ditunjukkan seorang gadis yang menderita bibir sumbing. Keterangannya, warga yang mengenaskan itu sekeluarga hidup di lereng Gunung Panderman selama 20 tahun.

Kepala Dinsosnaker, Eko Suhartono, mengatakan, data kemiskinan harus akurat. Pihaknya akan menggelar rapat bersama tiga camat agar semua warganya terdata. Sehingga informasi kurang pas seperti di media sosial itu tidak perlu terjadi.

“Komentar-komentar di media sosial itu terlalu menyudutkan, tidak obyektif. Padahal kita sudah berkali-kali ke sana menawarkan bantuan. Kalau rumahnya di tengah sawah, ya wajar kalau gubuk. Kalau rumah di pinggir hutan, wajar kalau rumah kayu,” ujar Eko.

Soal gadis berbibir sumbing itu, Eko sudah mengkonfirmasi ke Dinas Kesehatan, dan kabarnya si warga enggan berobat, meskipun gratis. Tapi Dinsos akan kembali menawarkan bantuan kepada keluarga itu.

Dari informasi yang didapat MVoice, Camat Batu, Aris Setyawan, juga sudah mengunjungi keluarga itu, Minggu sore kemarin. Jdi nasib keluarga itu sudah dipikirkan, dan tidak perlu membuat masyarakat khawatir lagi.