Bengkel Cerdas, Ketika Edukasi Bertemu Teknologi

0
115
Robbi ketika ditemui MVoice.

MALANGVOICE – Sekelompok mahasiswa Politeknik Caltex Riau mengagas sebuah jasa edukasi non-formal yang tidak biasa. Berbeda dengan jasa edukasi non-formal lain, jasa edukasi ini lebih memudahkan guru, siswa dan orang tua untuk mengakses nilai siswa, membaca modul belajar guru dan mengakses bank soal untuk latihan ujian.

Adalah Bengkel Cerdas, sebuah perusahaan jasa edukasi yang digagas dan didirikan sejak setahun lalu oleh Robby Fadly, Isnain Tami, Bori Evananda, Benard Manurung, Siti Hajir, dan Melnawati dibimbing oleh dosen mereka Zainal Arifin Renaldo SS MHum.

Bengkel cerdas memiliki dua fitur layanan, yaitu private tutor dan lime solution. Fitur private tutor sebagai marketplace bagi para guru atau tutor untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Tutor bisa menetapkan tarif sesuai kemampuan masing-masing. Dengan begitu, murid atau orang tua bisa mencari tutor yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sedang fitur lime solution Bengkel Cerdas merupakan laporan informasi murid elektronik. Di dalamnya tersediah berbagai macam options seperti bank soal, modul kesiswaan, modul kurikulum, dan sebagainya.

“Jadi semua bentuk informasi sifatnya paperless. Karena selama ini masalah dalam pendidikan adalah borosnya dana. Negara menghabiskan 30 milyar hanya untuk kebutuhan kertas ujian nasional, formuli-formulir, buku dan sebagainya,” kata Robbi menjelaskan.

Ia mengatakan antusiasme masyarakat cukup positif. Bengkel cerdas juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang bisa didownload di Playstore. Masyarakat juga bisa mencari informasi lebih lanjut di www.bengkelcerdas.com

“Bengkel Cerdas sudah bekerja sama dengan. Sekolah seperti SMPN 3 Pekanbaru dan SMK Pekanbaru. Sekolah-sekolah ini otomatis bisa mengakses semua fitur lime solution,” tutupnya.