Benahi Jalan, Bina Marga Batu Siapkan Rp 45 Miliar

0
33
Tampak pembangunan jalan yang dilakukan Bina Marga Kota Batu (fathul)
Tampak pembangunan jalan yang dilakukan Bina Marga Kota Batu (fathul)

MALANGVOICE – Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pengairan Kota Batu punya proyek besar tahun ini. Karena di pembangunan jalan saja, telah dianggarkan sebesar Rp 45 miliar untuk 17 titik jalan utama.

Kepala Dinas Arif As Shidik, menjelaskan, 17 titik jalan yang menjadi prioritas ini diantaranya mulai Jalan Dewi Sartika hingga Perlimaan Junrejo sepanjang 3,8 Km. Jalan dari Beji ke Torongrejo, dua titik di Desa Tlekung Junrejo, Jalan ke arah Taman Buaya, dan Jalan ke Klemuk.

Jalan yang mendapat prioritas lainnya seperti dari Hotel Orchid menuju ke Wisata Selekta, kemudian dari Kecamatan Bat sampai Junrejo, termasuk jalan di Dusun Ngandat – Jeding – sampai ke perlimaan.

“Ada lagi kita akan meningkatkan jalan dari Batu sampai Desa Giripurno, lalu jalan menuju Alun-alun itu dari Bromo ke Jalan Semeru, termasuk Jalan Arjuno, Jalan Kawi, dan Jalan Abdul Ghani,” papar Arif.

Di beberapa titik, lanjutnya, ada yang pemeliharaan, peningkatan, hingga pelebaran bahu jalan. Termasuk juga peningkatan drainase yang mengalami alih fungsi menjadi lokasi jualan pedagang.

“Jadi ada dua hal yang akan kita komunikasikan ke berbagai pihak, pertama soal drainase yang dipakai warung, kedua adalah pepohonan yang terpaksa harus ditebang untuk fungsi jalan,” tandasnya.