Belum Terbiasa, KKN 69 UMM Ajari Siswa Kesembon Cuci Tangan dan Gosok Gigi Bersama

0
86
Cuci tangan bersama (istimewa)
Cuci tangan bersama (istimewa)

MALANGVOICE – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 69 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kegiatan cuci tangan dan sikat gigi bersama, hari ini.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan siswa SDN Wonoagung 01 Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, untuk meningkatkan kesadaran para siswa pentingnya mencuci tangan dan menyikat gigi. Karena pada usia seperti ini anak-anak tidak sadar bahwa tangan mereka menjadi sarang kuman.

Aksi yang dilaksanakan oleh Divisi Kesehatan KKN 69 UMM ini melibatkan siswa kelas I-VI SD. Untuk mempersingkat waktu, maka kegiatan ini dibagi menjadi dua kloter, kloter pertama yaitu kelas I-III dan kloter kedua yaitu kelas IV-VI SD.

Sebelum melakukan aksi cuci tangan dan sikat gigi bersama, kakak-kakak dari KKN 69 UMM memberikan materi kepada para siswa pentingnya mencuci tangan dan menyikat gigi.

Kegiatan selanjutnya adalah ice breaking dengan mengajak para siswa tepuk sehat, tanya jawab serta senam penguin. Hal ini agar meningkatkan semangat para siswa dalam mengikuti kegiatan. Para siswa sangat antusias menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak-kakak KKN 69 UMM dan mempraktikkan gerakan cuci tangan dan sikat gigi yang benar.

Bagi siswa yang benar menjawab kuis dan berani mencontohkan gerakan cuci tangan dan sikat gigi akan mendapat hadiah.

Setelah itu, siswa diajak keluar ke halaman sekolah untuk melakukan aksi gerakan cuci tangan dan sikat gigi bersama.

Menurut Wali Kelas I, Tri, kegiatan sikat gigi bersama sudah rutin dilaksanakan tiap hari Sabtu di sekolah, namun beberapa siswa masih belum tahu pentingnya menjaga kebersihan tangan. Dia berharap semua siswa menjadi lebih giat untuk mencuci tangan sebelum dan setelah istirahat sekolah agar tangan mereka terhindar dari kuman.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian hadiah kepada masing-masing siswa SDN Wonoagung 01.