Belajar Menyenangkan Dengan Kwarbi, Kartu Kwartet Biologi

0
232
Dewi menerangkan Kwarbi (anja)

MALANGVOICE – Belajar Biologi menjadi lebih mudah berkat Kwarbi, kartu kwartet biologi. Kwarbi merupakan media belajar inovasi karya Dewi Endahsari, guru berprestasi di Kota Malang 2016.

“Saat pembelajaran Biologi, saya menemui siswa cenderung tidak termotivasi dan kesulitan memahami materi. Terutama Biologi kan identik dengan nama-nama ilmiah tumbuhan, hewan dan siklus perkembangbiakannya,” kata guru SMAN 1 Malang ini.

Kartu Kwartet BiologiPertama, Dewi menyiapkan sejumlah kartu bergambar sebanyak 32 buah. Setiap 4 kartu diberi warna yang berbeda. Dalam kartu diberi nama-nama pengelompokan hewan/tumbuhan. Pembelajaran dengan Kwarbi lebih maksimal jika dipadu dengan strategi pembelajaran think-pair-share (TPS).

“Jadi siswa akan saya beri 1 kartu secara acak. Misal, mereka saya kasih kartu tentang siklus hidup ubur-ubur. Nah siswa ini harus membuat pertanyaan tentang ubur-ubur,” kata dia.

Setelah membuat pertanyaan, siswa akan dikelompokkan sesuai dengan jenis kartu. Misal, yang memegang kartu warna merah harus berkelompok dengan pemegang kartu warna merah. Kemudian siswa harus mendiskusikan pertanyaannya bersama teman sekelompoknya.

“Ternyata cara seperti ini lebih menarik perhatian siswa. Dengan kartu warna warni, siswa lebih mudah menghapal istilah-istilah Biologi yang sulit. Terbukti ada peningkatan prestasi belajar Biologi setelah penerapan metode ini selama 1 semester,” kata Dewi.