Begini Lho Cara Membiasakan Bayi Tidur Siang

0
44
Bayi tidur siang (anja)
Bayi tidur siang (anja)

MALANGVOICE – Jika selama ini Anda kesulitan mengatur jadwal tidur anak Anda, simak tips mengatur jadwal tidur siang bayi berikut. Tips ini disampaikan seorang bidan, Bd Lisa Rachmawati SKeb.

1. Kenali tanda dia mengantuk

Si kecil sudah mulai menguap, mengosok-gosok matanya, rewel, menangis, atau hiperaktif, itu bisa jadi tanda dia sudah mulai mengantuk. Perhatikan pada jam berapa saja dia mulai memperlihatkan tanda-tanda tersebut. Lakukan pemantauan selama seminggu atau dua minggu. Hal ini bisa memudahkan Anda untuk memberlakukan jam tidur siang untuknya. Jika setelah beberapa hari dia tidak terlihat mengantuk pada jam tidur siangnya, Anda jangan membiarkannya dia terjaga begitu saja. Tetap biasakan dan ajak dia untuk tidur siang.

2. Ajari dia tidur dengan sendirinya.

Ketika sudah melihat tanda-tanda dirinya mengantuk, segera tempatkan dia di tempat tidur. Hal ini bisa mengajarkan dia untuk tidur sendiri tanpa harus dininabobokan terus-menerus.

3. Tidur pada jam dan tempat yang sama.

Disarankan untuk tetap konsisten saat mengajaknya tidur siang. Pastikan waktu tidur siangnya di sekitar jam yang sama tiap harinya. Hindari melakukan kegiatan bersamanya di saat jam tidur siang.

4. Tetap berlakukan tidur siang meski bepergian

Begitupula dengan tempatnya, pastikan Anda menaruhnya di tempat tidur yang dia gunakan untuk tidur malam hari. Hal ini bisa membuatnya serasa sedang tidur pada malam hari. Pastikan tidak ada boneka atau mainan apa pun di sekitar tempat tidurnya saat tidur siang.