Begini Kisah Awal Hingga Ima Merantau ke Negeri Paman Sam

0
547
Imamatul Maisaroh (Tika)
Imamatul Maisaroh (Tika)

MALANGVOICE-Imamatul Maisaroh (33), Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Gondanglegi, Kabupaten Malang, ini kini tengah menjadi buah bibir.

Apa pasal? Dia kini dipercaya menjadi pembicara dalam Konferensi Partai Demokrat Amerika Serikat, Selasa (26/7) besok, di Philadelphia, Amerika Serikat, untuk masalah human trafficking.

Melalui pesan di Facebook, Ima bercerita, dia hanya sekolah satu tahun saja di SMA Khoiruddin, kemudian berhenti.

“Saya berhenti karena mau dikawinkan dengan orang yang tidak saya kenal. Umurnya 12 tahun lebih tua,” tulisnya melalui pesan.

Menikah karena dijodohkan, Ima yang pernah bersekolah di MTs Kanigoro, Pagelaran, Kabupaten Malang, ini merasa tidak bahagia, karena tidak mencintai suaminya.

“Saya kabur dari rumah, tapi orang tua menemui saya. Kemudian saya berpisah dengan suami,” tulisnya.

Pasca perceraian, Ima merasa malu, sebab itu dia berkeinginan pergi jauh dari kampung halamannya.

Keinginan itu membawanya mendaftarkan diri di salah satu jasa penyalur tenaga kerja, untuk menjadi TKW dengan tujuan Hong Kong.

“Karena saya nggak punya pengalaman, akhirnya saya harus latihan kerja,” jelasnya.

Selama latihan kerja, Ima kenal baik dengan pemilik perusahaan itu. Hingga akhirnya orang yang dia sebut majikan itu menawarinya untuk kerja di Amerika Serikat.

“Majikan saya ini punya saudara sepupu dan saya ditawari jadi pembantu. Saya senang sekali, karena gajinya $ 150 per bulan waktu itu,” jelasnya.

Namun nasib buruk yang diterima Ima. Bekerja selama tiga tahun sejak 1997 hingga 2000, dia disiksa secara fisik hanya untuk kesalahan kecil yang diperbuat.

Bahkan dia dipaksa bekerja lebih dari 12 jam setiap hari, paspornya juga disita oleh bekas majikannya di Los Angeles juga tidak digaji.

Berdasarkan situs www.indonesianlantern.com, Ima berhasil kabur tahun 2000, setelah meminta tolong kepada penjaga bayi tetangganya, yang kemudian mengantarkannya ke kantor Coalition to Abolish Slavery and Trafficking (CAST).