Begini Keistimewaan Ikut Jalur Prestasi saat PPDB…

0
69
Siswa memverifikasi data (anja)

MALANGVOICE – Sejak kemarin Aula Dinas Pendidikan Kota Malang didatangi siswa dan orangtua yang ingin verifikasi prestasi sebagai salah satu syarat untuk proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) jalur prestasi 2016-2017.

Kabid Dikmen Dindik Kota Malang, Siti Ratna, mengatakan, mereka yang memiliki prestasi dapat memilih tiga sekolah.

Pemilihan sekolah juga membantu Dindik menentukan sekolah mana yang paling cocok untuk siswa, disesuaikan prestasinya, jarak dari rumah, dan fasilitas apa saja yang ada di sekolah itu untuk bisa menunjang bakat minat siswa, agar bisa terus berprestasi di bidangnya.

“Misalnya juara olahraga renang, ya kita arahkan ke SMP 8. Prestasi itu kita akomodir,” katanya saat dihubungi MVoice, beberapa menit lalu.

Pengarahan sekolah juga akan disesuaikan kemampuan siswa, dilihat dari nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Jadi tidak asal memasukkan siswa, karena dikhawatirkan siswa itu malah ketinggalan dari segi kemampuan belajar.

“Misalnya ada prestasi, tapi nilai NUN-nya 26 dan dia memilih SMAN 1, ya kita arahkan ke SMAN yang lain. Kan malah kasihan nanti jika memaksa ke SMAN 1. Nanti akan ketinggalan dari teman-temannya,” ujar Ratna.