Beberkan Fakta Pilkada, KPUD Minta DPRD Maksimalkan Anggaran

0
37
Santoko (fathul)

MALANGVOICE – Ketua KPUD Kabupaten Malang, Santoko, membeberkan semua kelebihan dan kekurangan pelaksanaan Pilkada 2015, termasuk banyaknya batasan sosialisasi oleh KPU ke masyarakat.

“Kami sampaikan juga ke pengampu kebijakan, agar memaksimalkan anggaran sehingga dapat membackup setiap tahapan yang dilakukan penyelenggara,” jelas Santoko kepada MVoice.

Menurutnya, beberapa hal yang dibahas antara KPUD dan DPRD adalah soal pelaksanaan keseluruhan Pilkada hingga perkembangan terakhir tahapan. Evaluasi lain juga dibahas, seperti penggunaan anggaran, jumlah partisipasi warga, dan regulasi yang menjadi acuan tahapan Pilkada.

“Di hadapan Komisi A, kami juga tidak menutup diri dengan semua kekurangan. Tapi sudah kami paparkan apa saja yang membuat kurang, karena kami bekerja sudah maksimal dan profesional, sesuai undang-undang,” tambah Santoko.

Terkait angka partisipasi, Santoko lebih banyak mengajak seluruh stakeholder untuk saling membantu. Karena tanggung jawab partisipasi pemilih adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas KPUD.