Beban Tugas Berat, Polisi Dites Kesehatan dan Kejiwaan

0
11
Tes kesehatan berkala Polres Malang Kota
Tes kesehatan berkala Polres Malang Kota (deny)

MALANGVOICE – Tugas berat sebagai polisi sering kali menjadi beban dan kadang memicu stres. Karena itu, setiap enam bulan sekali harus rutin diperiksa kesehatan dan kejiwaan.

Hari ini, di Aula Rupatama Mapolres Malang Kota (Makota), seluruh anggota mendapat pemeriksaan kesehatan berkala, mulai mata, gigi, darah, urine bahkan tes tulis kejiwaan dari Bidang Kesehatan Kedokteran (Biddokkes) Polda Jatim, dibantu Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Makota.

Tes kesehatan berkala Polres Malang Kota
Tes kesehatan berkala Polres Malang Kota (deny)

Menurut anggota Biddokkes, AKP Untung, pemeriksaan ini wajib dilakukan, lantaran banyak kasus anggota polisi mengalami depresi karena banyak tekanan, sehingga melakukan hal yang membahayakan.

“Kami tak ingin kasus yang sebelumnya terjadi lagi,” katanya pada MVoice, beberapa menit lalu.

Karenanya, dari pemeriksaan kesehatan berkala itu diharap bisa mengetahui dan mencegah gangguan kesehatan serta kejiwaan anggota. “Apabila ada yang terindikasi bermasalah, bakal segera dibina lebih lanjut di Polda sana,” jelasnya.

Hasil dari pemeriksaan ini akan diketahui sekitar seminggu kemudian dan langsung diberikan ke tiap Polres di bawah naungan Polda Jatim. “Karena ini serentak, hasilnya dikembalikan ke Polres masing-masing,” tandasnya.