BBJF Cikal Bakal Semua Event Musik Jazz di Banyuwangi

0
6

MALANGVOICE – Banyuwangi Jazz Festival atau BBJF adalah even musik jazz tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi sekaligus merayakan hari jadinya pada tanggal 18 Desember.

Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2012 di Gesibu Blambangan dengan Bintang tamu Syaharani, Queenfireworks, Rika Roeslan, Monita Tahalae, Reza ‘The Goove’ serta kolaborasi Riza Arshad dipadu dengan musik etnik banyuwangi.

Antusiasme pengunjung yang hadir melebihi dari batas sekitar 1.000 undangan yang tersedia secara gratis dan sekaligus menjadi cikal bakal lahirnya semua kegiatan/even musik Jazz di Banyuwangi.

Tahun 2013, Event BBJF dengan konsep cara menikmati musik Jazz di pinggir pantai yang memberikan suasana berbeda ni, diselenggarakan pertama kali dengan dihadiri bintang tamu oleh Trio Lestari (Glenn Fredly, Sandhy Sondoro, Tompi). Namun, untuk dapat menyaksikan konser tersebut penonton dikenakan HTM dengan kategori VIP dan festival.

Selanjutnya BBJF menjadi agenda rutin pada rangkaian kegiatan tahunan Banyuwangi Festival yang bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam dan keragaman budaya Kabupaten Banyuwangi.

Event Jazz pada tahun 2014 mengusung tema Gulung Ombak, Jazz Bersemarak yang diangkat dari kekayaan budaya pesisir Nusantara. Dimana budaya pesisir dikenal sebagai sebuah simbol suatu keterbukaan, yang mencerminkan kejujuran identitas.

Selaras dengan budaya Jazz, dimana unsur-unsur keterbukaan, kejujuran berekspresi, dan keberagaman selalu menjadi energi baru bagi para musisi. Dengan dimeriahkan oleh Kua Etnika featuring Trie Utami, Tohpati & Friends, Kahitna serta kolaborasi Seni Tradisi Banyuwangi dan MC Cak Lontong dan Insan Nur Akbar.

Tahun 2015, mengangkat tagline ‘Asyiknya Jazz’, sukses membius ribuan penontonnya dengan hadirnya para musisi seperti Citra Scholastika, Once Mekel, Marcel Siahaan, Shena Malsiana, Vina Panduwinata serta dukungan MC Desta dan Vincent telah memberikan bukti nyata semakin meningkatnya antusiasme penonton dari tahun ke tahun.

Tahun ini, BBJF mengusung tema ‘Jazz Rise and The Next’, sebuah tagline yang menandakan semangat baru terhadap industri musik Jazz di Banyuwangi dan akan terus berkembang setiap tahunnya dan berharap menjadi yang terbaik.

Dengan ber-atmosferkan keindahan pantai dan laut serta dukungan multimedia arrangement, diharapkan dapat memberikan suasana berbeda dalam menikmati alunan musik Jazz.