Bayi Masukkan Tangan Ke Mulut, Berbahayakah?

0
109
Bayi memasukkan tangan ke mulut (anja)
Bayi memasukkan tangan ke mulut (anja)

MALANGVOICE – Banyak ibu yang khawatir dengan kebiasaan bayi yang suka memasukkan tangan ke dalam mulutnya karena dianggap kotor.

Padahal, menurut seorang Dokter Spesialis Anak, dr. Diki Nugroho SpA MKes, kebiasaan tersebut bisa membantu bayi melatih kemampuan makannya kelak.

“Pada bayi ada yang namanya Gag Reflex, yaitu refleks yang bikin dia mau muntah bila dimasukkan sesuatu ke mulut. Nah pada saat awal-awal, Gag Reflex ini ada di bagian depan mulutnya. Dengan dia terbiasa mainan atau memasukkan tangannya ke mulut, maka Gag Reflex ini lama-lama akan semakin ke belakang,” papar Diki saat dihubungi MVoice.

Menurutnya, Gag Reflex atau refleks muntah ini memungkinkan bayi menunjukkan ekspresi ingin muntah pada awal-awal. Tapi kebiasaan ini ternyata berguna untuk melatih bayi bisa secara mandiri makan dengan menggunakan sendok.

“Awal-awalnya dia akan muntah waktu memasukkan tangan ke mulut karena Gag Reflexnya masih ada di bagian depan. Tapi dengan dia terbiasa, Gag Reflexnya akan mundur. Jadi ketika dia diajarkan makan dengan sendok dia nggak muntah-muntah lagi,” imbuhnya.

Sayangnya, lanjut dia, ibu yang terlalu bersih sering merasa takut karena menganggap itu kotor dan berbahaya.

Oleh karena itu, dia menyarankan sebaiknya ibu bisa membiarkan kebiasaan alamiah bayi tersebut, asalkan kebersihan tangannya selalu dijaga.

“Asal tangannya bersih, itu tidak masalah,” tutur dia.