Bayi Bertali Pusar Dibuang di Pinggir Jalibar Batu

0
47
Bayi malang tengah dirawat bidan Puskesmas Beji
Bayi malang tengah dirawat bidan Puskesmas Beji. (fathul)

MALANGVOICE – Bayi yang baru lahir ditemukan warga di dekat Kandang Kuda Jalan Lingkar Barat (Jalibar) Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu. Bayi yang masih merah itu ditemukan dengan kondisi tali pusar masih menempel di perutnya.

Oleh warga setempat, bayi itu kemudian dibawa ke Polsek Junrejo untuk mengambil langkah lebih lanjut, selanjutnya dibawa ke Puskesmas Junrejo, untuk mendapat perawatan.

Karena di Puskesmas Junrejo tidak ada rawat inap, bayi yang diperkirakan lahir 6 jam yang lalu itu dirawat di Puskesmas Beji. “Kondisi reflek mimik susunya belum sempurna, sehingga masih kami rawat,” ungkap Bidan Jatu Gubita Sari, saat ditemui MVoice.

Menurutnya, bila di Puskesmas belum bisa minum susu dengan lancar, bayi itu akan dirujuk ke rumah sakit yang memiliki inkubator.

“Kondisinya tadi kedinginan, kayaknya kena hipotermia. Makanya sekarang kami selimuti sampai hangat, supaya bisa minum susu,” lanjut Jatu, sambil berusaha memasukkan dot ke mulut bayi.

Saat diberi susu, sang bayi memang kesulitan menyedotnya. Saat disedot pun, susu kemudian memenuhi mulutnya dan tumpah, sehingga bidan dan suster di Puskesmas Bumiaji masih merawatnya dengan hati-hati.