Banyak yang tak Tahu Manfaat Buah Maja

0
82
Buah Maja (anja)
Buah Maja (anja)

MALANGVOICE – Karena tidak banyak orang yang tahu mengenai buah maja sehingga banyak yang tidak tahu manfaat buah yang terasa pahit ini.

Buah maja (dibaca: Mojo) menurut Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang, Dr Ir Nurhidayati MP, memiliki berbagai nutrisi, baik mineral, protein, lemak, karbohidrat, karoten, tiamin, riboflavin, niasin dan vitamin C. Bahkan buah maja bermanfaat untuk kecantikan, yakni membantu memperbaiki sel tubuh.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya dapat membantu memperbaiki sel di dalam tubuh serta memperbaiki jaringan kuilt yang mengalami kerusakan akibat dari serangan radikal bebas. Radikal bebas bisa menyerang kesehatan kulit membuat kulit sehat menjadi mulai kehilangan kesehatan dan kesegarannya.

1. Menyegarkan kulit

Salah satu manfaat buah maja adalah membantu menyegarkan kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah ini berperan penting dalam membantu melancarkan peredaran darah kita sehingga kulit kita terlihat jauh lebih segar dan bersih. Vitamin C juga dapat merangsang pembentukan kolagen kulit yang mana memiliki fungsi alami untuk menjaga keelestatisan kulit kita serta menjaga kulit dari kerusakan yang banyak disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas.

2. Mengatasi diare

Jangan meragukan buah maja yang kaya akan serat alami karena manfaat buah maja lainnya adalah mengatasi diare. Anda yang mengalami masalah pencernaan seperti diare dan sembelit, bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah maja ini baik secara langsung maupun setelah dijus bersama buah-buahan lainnya.

3. Mengobati luka

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat alami dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Daun tumbuhan ini juga baik untuk menjaga kesehatan termasuk membantu mengobati luka. Jika Anda termasuk orang yang sangat ceroboh dan suka terjatuh lalu terluka, maka Anda bisa mengobati lukanya dengan memanfaatkan daun tumbuhan maja. Ckup dengan menumbuk halus daun maja lantas tempelkan pada tubuh yang terluka.

4. Mengobati demam

Selain efektif untuk mengatasi luka, buah maja dan bagian lain dari tumbuhan maja juga bisa membantu mengobati demam. Anda hanya perlu membuat minuman hangat dari buah ini untuk membantu mengobati demam. Pengobatan ini bisa kita lakukan sebagai pertolongan pertama jika demam yang Anda alami masih dalam tahap belum terlalu parah dan membutuhkan pertolongan dari dokter.

5. Mengobati gatal-gatal

Atasi gatal-gatal kulit dengan menggunakan daun maja dan jangan lupa mengkonsumsi buah majanya sebagai pertolongan alami dari dalam tubuh. Daripada terus menerus memakai salep atau minum obat kimia, lebih baik Anda mencoba cara alami ini siapa tahu berhasil dan benar-benar dapat mengatasi rasa gatal yang sering Anda alami.