Banyak Makanan dan Obat Tak Penuhi Syarat Berdar di Pasar Gondanglegi

0
17
Salah satu tim saat memeriksa daftar registrasi secara online (fathul)

MALANGVOICE – Tim pengawas obat, makanan, kosmetik, dan alat kesehatan (Omka) menemukan banyak makanan dan kosmetik yang tidak memenuhi syarat di salah satu swalayan di Pasar Gondanglegi.

Beberapa makanan yang berhasil diidentifikasi seperti susu bayi, minuman berenergi, obat-obatan yang disebut obat kepelan, minuman aneka rasa, susu cair, hingga kosmetik.

Beberapa indikasi kondisi barang yang dilarang edar adalah dari kondisi kemasan yang tidak memenuhi syarat, seperti sobek dan penyok. Kondisi barang juga dicek, apakah kondisi baik atau rusak.

Selain itu, ada anggota tim yang bertugas mendaftar nomor registrasi online, termasuk dapat diketahui ijin edarnya. Lalu pemeriksaan label juga dilakukan apakah ada kerusakan atau masih memenuhi syarat.

Ada belasan items barang yang ditemukan tidak memenuhi syarat jual, misalnya, minuman rasa ginseng, minuman galian bugar, contrexin, Ale-ale, jamu asam urat, obat flu tulang, balsem gosok, dan lain-lain.

“Semua barang ini kami rekomendasikan diganti karena ada kondisi yang tidak dipenuhi syarat-syaratnya,” jelas Kabid Perdagangan, Hasan Tuasikal.