Bank Jatim Syariah Kejar Pertumbuhan Kredit 100 Persen

0
11
Layanan di Bank Jatim Syariah Malang (fia)

MALANGVOICE – Bank Jatim Syariah menargetkan tahun ini bisa menyalurkan pembiayaan kredit sebesar Rp 170 miliar atau tumbuh lebih dari dua kali lipat dibanding realisasi tahun lalu yang sebesar Rp 79 miliar.

Penyelia Pembiayaan Bank Jatim Syariah Malang, Arief Rakhmad, menjelaskan, target 100 persen itu didasarkan pada beberapa hal, selain potensi usaha yang membutuhkan pembiayaan masih banyak di Malang, target itu juga didukung banyaknya produk pembiayaan yang dimiliki Bank Jatim Syariah.

Dia menjelaskan, ada lima jenis pembiayaan yang ditawarkan Bank Jatim Syariah, di antaranya Talangan Umroh iB (Islamic Banking) Maqbullah, KPR iB Griya Barokah, Pembiayaan Koperasi dan Anggota Koperasi dan pembiayaan umum.

Menurut dia, pembiayaan yang ditawarkan bank syariah menggunkan sistem murobaha atau jual beli dengan margin yang sifatnya tambahan modal. Ia mencontohkan, untuk membeli rumah, margin yang ditetapkan mulai dari 12,5 persen hingga 15 persen.

“Margin yang ditetapkan Bank Jatim Syariah sifatnya fixed sepanjang cicilan berlangsung. Bahkan jika melakukan pelunasan ada diskon untuk nasabah,” imbuhnya.

Arief melanjutkan, produk pembiayaan umum bisa disalurkan baik ke perorangan maupun badan dengan tenor hingga tiga tahun dan maksimal pembiayaan sebesar Rp 500 juta untuk perorangan. Keuntungan yang akan didapatkan nasabah antara lain proses cepat, mudah, dan bunga fix.

“Pembiayaan umum bisa untuk modal kerja atau investasi,” tukasnya.