Balok Lego Lebih Bernilai dari Emas

0
100
Orang dewasa saja suka main lego. (blauw.com)

MALANGVOICE – Lego tak sekedar mainan balok plastik. Dilansir dari laman The Telegraph (11/11), sebuah lembaga keuangan Inggris, menyatakan bahwa investasi dalam bentuk balok-balok lego lebih menguntungkan daripada emas, saham, dan tabungan dalam 15 tahun terakhir.

Lego yang disimpan dalam kondisi masih bagus seperti mainan baru nilainya cukup tinggi. Bahkan, lego bekas pun juga naik berkali-kali lipat begitu suatu model tidak diproduksi lagi.

Di situs jual beli online eBay, misalnya, aneka model dijual lebih mahal 36% dari harga aslinya.

Lalu bagaimana dengan investasi emas? Menurut perusahaan investasi Hargreaves Lansdown, dalam 15 tahun terakhir harga emas hanya naik 9,6 persen per tahun, sementara tabungan di bank rata-rata menghasilkan bunga 2,8 persen.

Lego yang dulu berharga Rp 2 juta, sekarang bisa dijual Rp 20 jutaan. Predikat set Lego dengan peningkatan harga tertinggi saat ini dipegang oleh “Cafe Corner,” model yang dirilis pada 2007 lalu.

Set Lego yang terdiri atas 2.056 keping balok itu harga aslinya sekitar Rp 1,9 juta, namun kini harga berkasnya bisa mencapai Rp 45 juta karena sudah langka dan tidak diproduksi lagi.

Siapapun yang sedang mengoleksi lego sekarang, sebaiknya jaga kondisi barang tersebut karena itu adalah bentuk inventasi. –

sumber: thetelegraph.com