Balearjo Bersih dan Hijau Bersama KKN 114 UMM

0
16
kegiatan bersih-bersih desa (istimewa)
kegiatan bersih-bersih desa (istimewa)

MALANGVOICE – Kelompok KKN 114 UMM di Desa Balearjo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang membangun desa untuk menciptakan kondisi desa yang sejuk dan asri. Penanaman bibit pohon merupakan salah satu langkah untuk menciptakan kondisi desa yang asri.

Program kegiatan KKN 114 yang dilaksanakan Divisi Sosial dan Budaya, hari ini, merupakan bentuk solidaritas mahasiswa dalam membangun dan mengembangkan desa.

Sekitar 70 bibit pohon disebarkan di berbagai sudut desa untuk menambah keindahan Desa Balearjo. Salah satu tempat yang dijadikan pusat untuk penanaman bibit pohon yaitu balai desa karena terkesan kurang terawat.

Bibit pohon yang disumbangkan oleh kelompok KKN tersebut dirasa akan memberikan kesan yang lebih asri dan indah.

“Gotong royong kali ini untuk memperhatikan kebersihan desa dan memberikan kesan desa yang asri,” ujar Reza, ketua pelaksana.

Dibantu ibu PKK dan perangkat desa, kegiatan tersebut juga menyambut Lomba Lingkungan Hidup Kecamatan Pagelaran dengan pola penilaian pada tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

“Kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan desa dan meningkatkan rasa gotong royo masyarakat yang mulai memudar,” kata salah satu warga, Daryono.

Kesadaran masyarakat akan kebersihan dan gotong royong yang kurang merupakan faktor yang sangat memprihatinkan. Harapannya, kegiatan seperti ini memberikan rasa kepedulian kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi yang lebih kepada desanya.