Bakti Sosial di Ngajum Warnai Syiar Ramadan UMM

0
13

MALANGVOICE – Melanjutkan kegiatan syiar di Bulan Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar bakti sosial untuk masyarakat Desa Ngajum, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Ratusan masyarakat antusias mengikuti kegiatan, mulai pengobatan gratis, bimbingan konseling, pengajian, hingga pemberian bantuan sembako.

Acara yang digelar akhir pekan kemarin,diawali pukul 14.00 dengan pengobatan gratis. Dalam kegiatan ini ratusan masyarakat yang didominasi lansia datang berbodong-bondong mengantri untuk diperiksa. Tim dokter dan perawat yang didatangkan langsung dari RS UMM dan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Nurul Qolbi Fakultas Kedokteran (FK) UMM dengan cekatan melayani setiap masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pasien.

bakti ramadhan2

Di tempat terpisah, tim Bimbingan Konseling (BK) dari Fakultas Psikologi (Fapsi) UMM dengan riang mengajak anak-anak usia sekolah dasar yang ada di Desa Ngajum untuk outbond bersama. Tampak keceriaan di wajah anak-anak menyambut segala jenis permainan yang difasilitasi tim BK UMM. Tim ini juga tak ragu memberikan nasihat kepada orang tua yang menanyakan permasalahan perihal kepengurusan anak.

Ketua Kegiatan Bakti Sosial, Dr Med Tommy A Nazwar SpBS mengatakan, kegiatan ini dilakukan selain untuk membantu masyarakat, juga untuk menjaga jalinan silaturahmi UMM dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat. “Kami memfasilitasi segala kebutuhan dan berkoordinasi dengan PCM untuk menggerakan masyarakat agar ikut kegiatan ini,” ujarnya.

Tommy pun merasa senang dan bahagia bisa terlibat langsung dalam kegiatan yang rutin diselenggarakan UMM tiap tahunnya ini. “Alhamdulillah UMM terus bisa berbagi kebaikan dan berkah Ramadhan, semoga bermanfaat bagi kita semua,” ucap pria yang menjabat sebagai wakil direktur RS UMM ini.

Sementara itu, Ketua PCM Kecamatan Ngajum, Muhammad Sholeh mengatakan masyarakat menyambut kegiatan bakti sosial ini dengan sangat positif. Ia menerangkan, tidak hanya warga Muhammadiyah saja yang ikut dalam kegiatan ini, namun masyarakat umum juga berbondong-bondong ikut datang. “Selama dua kali kegiatan bakti sosial yang diadakan UMM warga selalu antusias ikut,” ungkapnya.

Sholeh berharap, kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahmi warga Muhammadiyah dengan masyarakat umum. “Anggota Muhammadiyah Ngajum juga semakin rajin untuk ikut setiap kegiatan yang diadakan,” imbuhnya.

Setelah pengobatan gratis, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian bersama warga Desa Ngajum di Masjid Al Mansur PCM Ngajum serta pemberian bantuan berupa 100 paket sembako kepada masyarakat tidak mampu.

Salah satu masyatakat yang merasakan manfaat kegiatan ini adalah Sri Yati (52). Ia bisa mendapatkan pengobatan gratis sekalis bantuan sembako untuk mencukupi kebutuhan keluarga. “Alhamdulillah mas, dapet rezeki di bulan puasa, mudah-mudahan sering diadakan kegiatan seperti ini,” ungkapnya.