Bahaya, Medsos Sering Dimanfaatkan Teroris Cari Pengikut!

0
13
Yenny Wahid
Yenny Wahid. (Deny)

MALANGVOICE – Semakin berkembangnya zaman ke era modern, ternyata semakin dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab, seperti teroris.

Hal itu dikatakan Yenny Wahid, dalam Seminar Resimen Mahasiswa Jawa Timur, sore ini, di Hotel Savana.

Menurut wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chasfon Rahman Wahid itu, radikalisme kini banyak disalurkan lewat media sosial seperti Facebook, Twitter dan banyak lagi.

“Semuanya sekarang dengan mudah diakses siapapun. Bahkan sampai anak kecil,” katanya.

Akibatnya, dengan viral di media sosial itu, pengikut aliran radikal macam ISIS juga semakin banyak. “Selfie, lebih tajam daripada pedang,” lanjut putri kandung Presiden ke-4 RI itu.

“Bayangkan, 73 konten materi mereka sebar setiap hari di media sosial dan langsung dibaca 90 ribu orang, bagaimana dampaknya,” ujarnya lagi.

Karena itu, bagi wanita lulusan Harvard University, Amerika, itu berharap, kini orang tua atau pemuda bisa lebih memfilter apa yang mereka baca di media sosial. Karena, tidak semua yang mereka baca itu benar adanya.

ISIS, lanjut dia, mencari pengikut dengan cara yang lunak yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Terbukti, sampai hari ini, pengikutnya bisa sampai ribuan dari seluruh dunia.

“Mereka menghubungi calon pengikut secara intens setiap hari dengan menawarkan hal menarik seperti menjadi pahlawan atau surga,” tutupnya.