Bagi Orang Asing, Bahasa Indonesia Mudah Dipelajari

0
814
Mahasiswa asing saat belajar Bahasa Indonesia (istimewa)

MALANGVOICE – Bahasa Indonesia ternyata sangat mudah dipelajari. Terbukti, dari beberapa mahasiswa asing yang mempelajarinya, sebagian besar dapat menguasai tata bahasa dasar dalam waktu cukup singkat.

Menurut Dr Arief Budi Wurianto MSi, Kepala Lembaga Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Universitas Muhammadiyah Malang (Bipa UMM), rata-rata mahasiswa asing bisa berbahasa Indonesia dalam waktu cukup singkat karena struktur bahasanya lebih simpel.

“Karena struktur Bahasa Indonesia lebih mudah daripada lainnya. Bahasa Indonesia tidak ada penggunaan tenses untuk keterangan waktu seperti Bahasa Inggris. Dalam 3 bulan saja mereka sudah bisa berkomunikasi yang dasar-dasar,” kata Arief kepada Mvoice.

Selain itu, mahasiswa asing juga cepat memahami bahasa plesetan di Indonesia namun masih susah dalam memahami unsur budaya dalam penggunaan bahasa Indonesia.

“Mereka kadang masih susah membedakan mana ‘padi’ mana ‘beras’. Kalau di luar negeri mereka tahunya cuma ‘rice’. Mereka sulit membedakan lontong, beras, bubur tim, nasi putih,” tutupnya sembari tertawa kecil.