Bagi Ibu Bekerja, Ini Dia Tips Memberi ASI Eksklusif

0
199
Ikatan ibu dan anak akan terjalin asal rutin memberi asi (anja)

MALANGVOICE – Kegagalan memberikan ASI (air susu ibu) ekslusif salah satunya disebabkan kesibukan ibu bekerja di luar rumah. Sebaiknya ibu yang sedang menyusui mempunyai trik khusus sehingga sukses memberikan ASI meskipun sibuk di kantor.

Menurut seorang bidan di Puskesmas Karangploso, Umi Rahmawati SKeb, seorang ibu yang baru melahirkan dapat menyusun jadwal dalam mempersiapkan pemberian asi ekslusif meskipun disibukkan dengan urusan kantor.

Pada saat masa nifas, lanjutnya, si ibu dapat memberikan kesempatan bayi untuk mendapatkan asi langsung tanpa menggunakan botol susu atau empeng.

“Si ibu juga sebaiknya dapat melatih diri untuk memerah ASI dengan menggunakan tangan atau pompa manual atau pula menggunakan pompa elektrik. Latihan ini dapat dilakukan dimulai pada saat ASI keluar pertama kalinya dan terasa penuh,” paparnya saat dihubungi MVoice.

Yang paling penting, sebelum si ibu berangkat bekerja, luangkan waktu untuk menyusui langsung pada anak. Dengan demikian ikatan batin masih tetap terjalin antara si ibu dan anak meskipun sibuk bekerja.

“Waktu yang tepat untuk memberikan asi langsung pada anak adalah ketika akan berangkat bekerja, pulang bekerja dan ketika bayi anda akan tidur,” imbuhnya.