Baca Buku Sambil Jalan-Jalan, ke TBM Hutan Kota Batu Yuk!

0
207
Siswa-siswi saat berkunjung ke Batu (fathul)
Siswa-siswi saat berkunjung ke Batu (fathul)

MALANGVOICE – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Hutan Kota Batu, di Jalan Sultan Agung memang letaknya strategis, persis di bagian depan Taman Hutan Kota yang sering digunakan nongkrong remaja di sana.

Sebagaimana perpustakaan, TBM menyediakan ratusan buku bacaan untuk masyarakat setempat maupun pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

“Kami juga sediakan wifi, kamar mandi, tempat yang nyaman, ada lemari penitipan, dan musala. Sehingga pengunjung yang datang bisa nyaman membaca buku,” ungkap petugas, Mar’atus Sholihah, kepada MVoice, di TMB, beberapa menit lalu.

Pengunjung yang datang ke sana, kata perempuan yang akrab disapa Tutus itu, lebih banyak pelajar, baik SD, SMP, maupun SMA. Rata-rata siswa SD diajak rombongan satu kelas, sedangkan siswa SMP dan SMA suka mengerjakan tugas dan belajar kelompok.

“Kalau mau pinjam, cukup menjadi anggota saja, tapi kalau pelajar bisa menunjukkan kartu pelajar. Waktu peminjaman buku 1 Minggu dan bisa diperpanjang kalau belum selesai baca,” jelas Tutus.

Untuk pengunjung yang tidak punya Kartu Tanda Anggota (KTA) atau Kartu Pelajar, tetap bisa meminjam dengan meninggalkan KTP atau SIM-nya. Bahkan buku bisa dibawa ke taman sembari membaca di bawah pohon.