Awas! Zat Pada Make-Up Ini Berbahaya untuk Kesehatan

0
79
make up (Anja)
Make Up (Anja)

MALANGVOICE – Kebutuhan wanita terhadap make up tak bisa dihindari. Akan tetapi, penting diketahui bahwa kosmetik yang mengandung bahan berbahaya juga beredar di luar sana. Berdasarkan informasi yang dihimpun MVoice dari Dinas Kesehatan Kota Malang, berikut bahan berbahaya pada kosmeti yang harus dihindari

1. Merkuri (Hg)/ Raksa

Logam berat bersifat racun yang sering ditemukan di pemutih kulit wajah. Sifatnya terakumulasi pada ginjal, menimbulkan reaksi alergi, bintik-bintik hitam pada kulit. Gejalanya berupa gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit.

2. Diethylene Glycol (Deg)
Ditemukan di produk pasta gigi atau sediaan kumur. Digunakan sebagai pelarut, pengontrol kekentalan, dan masking/parfuming. Menyebabkan depresi sistem saraf pusat, keracunan pada hati, dan gagal ginjal.

3. Asam Retinoat
Golongan obat keras dan harus menggunakan resep dokter. Biasa digunakan untuk sediaan peeling (pengelupasan). Dapat menyebabkan kulit kering, terasa terbakar dan terkelupas berlebihan. Sifatnya teratogenik (mengakibatkan cacat pada bayi)

4. Hidrokinon
Disalahgunakan pada komestik pemutih/pencerah kulit. Dapat menyebabkan iritasi, kulit merah, dan rasa terbakar. Dapat menyebabkan hiper-pigmentasi dan oochronosis (kulit berwarna kehitaman) yang sifatnya tidak bisa disembuhkan.

Mengingat zat-zat tersebut bisa menimblkan efek negatif yang berbahaya pada tubuh. maka alangkah baiknya kam hawa berhati-hati dengan melihat terlebih dahulu kandungan pada sebuah kosmetik.