Awas, Wifi di Tempat Umum Rawan Hacker!

0
79
WIFI di tempat umum juga harus diwaspadai.(theguardian.com)

MALANGVOICE – Semua orang doyan fasilitas Wifi gratis, terutama anak-anak muda. Tapi waspada, karena saat ini fasilitas Wifi umum jadi target utama kejahatan cyber para hacker.

Kaspersky Lab dan B2B Internasional menemukan data sebagai berikut: 26 persen pengguna melakukan aktivitas saat sedang online dengan jaringan Wifi umum yang tidak aman.

Kemungkinan hacker tetap bisa mencuri data dan password pengguna. 47 persen pengguna sudah menggunakan fitur keamanan seperti remote blocks, atau find-my-device.

Lebih lanjut studi ini menemukan bahwa sebanyak 87 persen pengguna menyimpan data rahasia, penting, dan terkadang data yang tidak dapat digantikan dalam smartphone mereka, mencakup password, pesan, foto, kontak, serta berkas penting lainnya. Satu dari empat mengatakan di dalam perangkat pribadi mereka terdapat informasi sensitif milik mereka yang tidak ingin diketahui orang lain.

Terlebih, perangkat tersebut dibawa dan digunakan di mana saja, termasuk di tempat kerja (52%), di dalam mobil (41%), transportasi umum (39%), di tempat tidur (58%) dan bahkan di dalam toilet (29%).

Ketika berada di luar rumah, perangkat ini berpotensi terkena berbagai risiko seperti rusak, hilang dan dicuri serta diretas oleh hacker atau bahkan memata-matai pengguna.

Bahkan di rumah sekali pun, risiko dan tantangan yang dihadapi berbeda, bahkan terkadang lebih berbahaya, khususnya di lokasi yang sensitif seperti tempat tidur dan toilet.

Karena hal itulah, Kaspersky Lab mengimbau masyarakat untuk men-setting password yang kuat pada perangkat agar tak mudah ditebak. Serta berhati-hati ketika mengakses situs-situs serta mendownload aplikasi lewat Wifi umum.

sumber: Kasperskylab.com