Awas… Kalori Tinggi, Makanan Favoritmu Ini Bisa Bikin Gendut!

0
422
Bakso adalah makanan tinggi kalori namun tidak terlalu bergizi (anja)
Bakso adalah makanan tinggi kalori namun tidak terlalu bergizi (anja)

MALANGVOICE – Makanan favorit seperti bakso, mie ayam, rawon dan empek-empek ternyata memiliki kalori berlebih. Artinya jumlah kalori itu terlalu banyak melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Menurut seorang Dietitian di perumahan Griya Santha, Amalia Achmad, menu makanan sehat harusnya bernutrisi, bervariasi dan bergizi komplit. Makanan itu harus tinggi serat, protein, sedikit lemak dan karbohidrat. Lebih bagus lagi jika makanan itu mengandung antioksidan.

“Kalau makanan yang dikonsumsi hanya itu-itu aja ya gizinya jelas tidak cukup. Kalau yang sering dimakan hanya bakso melulu ya kapan sehatnya,” tandasnya.

Mengenai jumlah kalori, satu porsi pempek kira-kira mengandung 150 kalori, sementara mie ayam 280 kalori dan bakso 300 kalori. Kalau dijumlahkan, maka kalori yang masuk setiap harinya hanya 730 kalori. Padahal, wanita membutuhkan kalori sekitar 1500-1800 kalori tiap harinya. Oleh karena itu, sangat tidak di anjurkan mengganti menu utama dengan jenis-jenis makanan tersebut.

“Kalau makanan ini dijadikan sebagai snack tambahan, maka badan akan menggelembung. Hayo siapa yang sudah makan nasi, masih nekat makan bakso atau mie ayam, atau empek-empek, jangan kaget kalo tambah gendut ya,” tuturnya.