Auto 2000 Sutoyo Kejar Penjualan 1.881 Mobil di 2016

0
4
Mobil Berjajar di area parkir Auto 2000 Sutoyo (fia)

MALANGVOICE – Perekonomian nasional yang diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun lalu disikapi optimis oleh para pelaku pasar otomotif. Toyota misalnya, tahun ini Auto 2000 Malang Sutoyo menargetkan penjualan mobil sebanyak 1.881 unit atau naik 20 persen dari realisasi sales tahun lalu sebesar 1.694.

Sales Supervisor Toyota, Andy Herwindo menjelaskan target utama Toyota di tahun ini adalah mempertahankan market leader, termasuk meningkatkan penjualan agar sesuai target yang dipasang.

Untuk mencapainya, Toyota telah menyiapkan beberapa strategi, termasuk meluncurkan Fortuner seri terbaru yang rencananya diperkenalkan sekitar akhir bulan ini di Malang.
Selain mengandalkan produk baru, Toyota juga akan memaksimalkan varian yang sudah ada dan menjadi backbone pabrikan otomotif asal Jepang itu.

“Karena kita leading untuk Low MPV dengan Avanza, maka kita akan genjot penjualan produk tersebut,” kata Andy.

Selain Avanza, varian lain yang berkontribusi besar adalah Kijang Innova. Andy mengatakan, Innova merajai pasaran dengan dominasi market share sebesar 90 persen.

Tingginya kontribusi Avanza dan Innova membuat Toyota mengambil strategi bertahan dengan harga lama. Saat pabrikan lain menaikkan harga, Toyota juga melakukan penyesuaian antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, namun harga baru tersebut tidak berlaku untuk Avanza dan Innova.

“Bisa jadi harga tetap itu juga untuk menjaga dominasi pasar,” kata Andy.

Saat ini, Avanza ditawarkan dengan harga Rp 185 juta hingga Rp 230 juta, sedangkan Innova seharga mulai Rp 289 juta hingga Rp 400 juta.