Atjong Tio Persembahkan Satu Emas Atletik

0
155
Pelari andalan Kota Malang dan Jawa Timur, Atjong Tio Purwanto. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kontingen Jawa Timur (Jatim) mendapat sumbangan emas dari pelari andalan Kota Malang, Atjong Tio, pada cabor atletik PON XIX/2016 Jawa Barat (Jabar). Dia menjadi pahlawan Jatim di nomor 3000 meter halang rintang.

Bertanding di lintasan lari Stadion Pakansari, Bogor, atlet berusia 25 tahun itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 9 menit 14,29 detik.

Dia mengungguli peraih perak, yakni pelari Riau, Elisar Gamashi, yang mencatatkan 9 menit 33,03 detik. Sementara medali perunggu diraih M Ardianto dari Bangka Belitung dengan waktu 9 menit 38,58 detik.

Atjong tak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai menerima medali. Apalagi, ajang ini merupakan kali pertama keikutsertaannya di PON. “Emas ini untuk ayah. Berkat bimbingan beliau, saya bisa jadi seperti ini,” tandasnya.

Selain Atjong, wakil Kota Malang lainnya, Slamet Rizky, juga mempersembahkan perak dari beregu putra nomor 4 x 400 estafet. Hasil itu melengkapi torehan Jatim di cabor ini menjadi 4 emas, 4 perak dan 2 perunggu.