Astronomi, Sains yang Sangat Visual

0
39
Prof Rosa (istimewa)
Prof Rosa (istimewa)

MALANGVOICE – Astronomi memiliki kesamaan karakteristik dengan bidang sains lain karena pada masa lalu, sains lahir dari astronomi.

Menurut Presiden NASE (Network for Astronony Education) Spanyol, Prof Rosa M Ros, ada banyak citra yang dapat membantu masyarakat menjelaskan fenomena astronomi secara sederhana. Citra-citra itu juga sangat spektakuler sehingga orang merasa kagum ketika melihatnya.

“Bahkan ada yang terheran-heran dan bertanya ‘dari mana ya datangnya?’, ‘kemana ya perginya?’. Artinya orang-orang punya perasaan yang berbeda soal astronomi karena pada kenyataannya, astronomi jauh lebih menarik daripada sains lain. Buktinya, ada ribuan astronomi amatir di setiap negara,” papar kepada MVoice saat kehadirannya di Dies Natalies Universitas Ma Chung hari ini.

Selama pengalamannya menjadi profesor matematika di universitasnya, Rosa bahkan tidak pernah mendapat pertanyaan soal matematika. Sebaliknya, mahasiswanya bertanya soal teori lubang hitam, atau planet luar.

Oleh karena itu, dia ingin memperkenalkan astronomi kepada generasi muda untuk merangsang ketertarikan mereka pada bidang sains lain.

“Selain guru, hal yang harus dipertimbangkan adalah adanya observatorium dan fasilitas astronomi yang besar membutuhkan tenaga profesional. Akhirnya yang tak kalah penting, masyarakat membutuhkan sekumpulan besar ilmuwan dan ahli teknik untuk dapat berkembang,” tutupnya.