Assesor AUN-QA Visitasi Tiga Prodi UB

0
33
Para assesor (anja)
Para assesor (anja)
M Bisri di rektorat (anja)
M Bisri di rektorat (anja)

MALANGVOICE – Tiga prodi Universitas Brawijaya Malang divisitasi tim assesor ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), hari ini. Tiga prodi itu adalah Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi, Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian dan Biomedik Fakultas Kedokteran.

Kedatangan tim assesor disambut baik oleh beberapa dekan bersangkutan. Rektor UB, Prof Dr M Bisri mengatakan akreditasi ini sangat penting mengingat UB bercita-cita menjadi World Class University berdaya saing internasional.

“Harapannya bisa menjadi pencapaian reputasi internasional bagi kampus UB. Jadi bersaing itu jangan dengan bangsa sendiri tapi kalau bisa dengan bangsa lain. Malah PTN dalam negeri ini dijadikan teman untuk bersama-sama bersaing dengan kampus lain di luar negeri,” kata Bisri kepada MVoice beberapa menit lalu.

Bisri menambahkan, tim assesor AUN-QA lebih melihat pada standar proses pelaksanaan di tiap prodi seperti proses pembelajaran, kurikulum dan metode pengajaran. Penilaian ini ia nilai lebih rumit daripada proses akreditasi BAN-PT.

“Lebih ditekankan pada prosesnya, tidak hanya output. Output atau nilai-nilai mahasiswa bisa saja bagus, tapi kalau memasukkan angka-angkanya ngawur ya sama saja bohong,” tandas Bisri.

Selain standar proses, AUN-QA juga menstandarkan hal-hal lain seperti keamanan kampus, tanggap kebencanaan, dan jalur evakuasi.

Meski demikian Bisri tidak berencana mengakreditasikan semua prodi di UB karena biaya yang besar. Jadi, ia berharap prodi yang sudah terakreditasi AUN-QA bisa menularkan informasi ke prodi lain sesama fakultas.