Asrori Fest, Ajak Anak Asuh Eksplor Minat dan Bakat

0
153
Asrori Fest, Ajak Anak Asuh Eksplor Minat dan Bakat
Asrori Fest, Ajak Anak Asuh Eksplor Minat dan Bakat

MALANGVOICE-Panti Asuhan Putra Harapan Asrori di Kota Malang,k ini memiliki 45 anak asuh, baik yatim, piatu, yatim-piatu, maupun dari keluarga kurang mampu. Dalam kesehariaan, anak-anak asuh difasilitasi untuk mendapat pendidikan formal di sekolah umum, pendidikan agama dalam madrasah diniyah panti asuhan, dan kegiatan pendukung minat dan bakat anak.

Salah satu kegiatan pendukung itu adalah Asrori Fest, yang dilaksanakan pada 4 Juni , di Dusun Sahabat Alam, Karangploso, Kabupaten Malang.

Bekerja sama dengan Titik Cerah PR Consultant sebagai pelaksana, Asrori Fest menjadi sarana anak asuh untuk mengeksplorasi berbagai minat dan bakat, dengan mendatangkan komunitas hobi, antara lain permainan rubik oleh Malang Cube Solver Community, sulap oleh Cardistro, musik ocarina oleh Ocarinesia, teater oleh Teater Komedi Kontemporer UIN Maliki, Seni Lukis Topeng Malangan oleh Sarmudya Priambodo, dan olah raga oleh UNIOR UIN Maliki, serta fotografi oleh Rio Iswahyudi.

“Kegiatan ini memang bertujuan untuk adik-adik asuh agar bisa mengeksplor kemampuannya. Karena mereka selama ini cenderung takut menunjukkan bakatnya, karena label mereka sebagai ‘anak panti’. Dan alhamdulillah, adik-adik sangat antuasias,” terang Adek Kharisma, ketua pelaksana, dalam rilisnya.

Selain anak asuh PA Putra Harapan Asrori, even ini juga diikuti beberapa panti-panti lain, seperti Panti Asuhan Nurul Abyadh, Panti Asuhan Mawaddah Warrohmah, Panti Asuhan Taslimiyah, dan Panti Asuhan Al-Kautsar. Dibuka dengan beberapa fun games untuk melatih kepemimpinan dan kerjasama, disusul I Wanna Know About Them, yang merupakan pameran minat dan bakat.

“Acaranya asik sekali. Saya jadi bisa belajar memotret, ternyata gak mudah. Tapi (acara ini) menyenangkan, kayak main-main aja,” kata Andik Kurniawan.

Even berkonsep piknik ini mengkondisikan agar anak asuh lebih berani mencari tahu dan mencoba berbagai hal. Konsep ini dipilih karena anak asuh sudah terlalu banyak berkegiatan di dalam ruangan. Selain itu, even ini juga sebagai sarana hiburan untuk anak-anak menjelang liburan sekolah dan puasa Ramadan.

“Secara rutin, panti asuhan kami mengajak anak-anak asuh untuk berekreasi saat liburan sekolah, seperti ke pantai, wahana wisata. Ini hal baru bagi anak-anak. Saya juga berharap acara ini bisa menjadi acara tahunan yang secara rutin bisa kami adakan,” ujar Ketua Yayasan Putra Harapan Asrori, Alfiah Udayani.