Arus Balik Wisatawan, Malang Utara Macet Panjang

0
18
Kemacetan di kawasan jalan Ahmad Yani tadi siang pukul 14.00 WIB (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – long weekend Natal yang berakhir hari Minggu ini membuat banyak wisatawan serempak kembali ke daerah masing-masing. Akibatnya, arus lalu lintas terlihat padat dibeberapa ruas jalan menuju keluar Malang. Di pintu masuk Kota Malang sebelah utara misalnya, volume kendaraan sangat tinggi ke aras Surabaya sehingga membuat kemacetan kurang lebih 3 km.

Arus lalu lintas yang padat membuat anggioa Satlantas Polres Kota Malang bersama Dinas Perhubungan Kota Malang langsung melakukan penguraian terutama di titik persimpangan jalan. Kepala Posko PAM Natal dan Tahun Baru 2016, Ipda Budi Yoenaedi mengatakan hari ini (Minggu, 27/12/2015) merupakan puncak kepadatan arus balik liburan Natal.

“Wisatawan banyak yang kembali ke daerah asal, hal ini bisa dilihat dari plat nomor kendaraan yang rata-rata plat luar kota,” kata dia.

Ia melanjutkan, kepadatan sejatinya sudah berlangsung sejak pagi, tepatnya pukul 08.00 WIB, dimana volume kendaraan yang melintas ke arah Surabaya lebih banyak ketimbang hari sebelumnya.

“Sudah padat dari pagi untuk kendaraan arah ke utara, namun kepadatan mulai terlihat tinggi di siang hari,” imbuh pria yang akrab disapa Junaedi ini.

Untuk mengatasi kemacetan, Junaedi mengatakan pihaknya melakukan pengalihan arus. Kendaraan yang melintas di Jalan A Yani ke selatan langsung dialihkan menuju jalan Raden Intan.