Arema Kalang-kabut Urus Kitas Pemain Asing

0
111
General Manager Arema, Ruddy Widodo.

MALANGVOICE – Arema Cronus disibukkan dengan permasalahan administrasi para pemain asingnya. Dari semua pemain asing yang ada saat ini, ternyata tidak ada yang memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara/Terbatas (Kitas).

Hal itu terungkap dari hasil survei Litbang Save Our Soccer (SOS). Selain empat pemain Arema, SOS megungkap total ada 64 pemain/pelatih asing hanya menggunakan visa on arrival, sedangkan 16 visa kunjungan usaha, satu lagi tidak diketahui jenis visanya.

Padahal, sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor 12 tahun 2013, kepemilikan Kitas merupakan syarat mempekerjakan tenaga kerja asing. General Manager Arema, Ruddy Widodo, tidak membantah data yang dirilis SOS.

Dengan demikian, dari lima pekerja asing yang dimiliki Arema, hanya sang pelatih, Milomir Seslija yang tertib administrasi. Sementara itu, empat pemain, yakni Srdan Lopicic, Gustavo Giron, Goran Ganchev, dan Esteban Vizcarra, tidak memiliki Kitas.

Ruddy menyatakan, pihaknya akan menaati Permenakertrans. “Kami akan menaati peraturan. Saat ini kami sedang mengurus itu,” katanya.

Ia menambahkan, meski bakal melakukan perombakan pemain asing di tubuh Singo Edan, permasalahan Kitas ini tetap jadi perhatian. “Selama pemain itu belum menerima pemutusan hubungan kerja, kami tetap bertanggung jawab,” tandasnya.