Anton: Restoran Harus Miliki Sertifikat Halal

0
59
HM Anton
HM Anton

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, berencana ada sertifikasi halal bagi setiap restoran yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat, agar para pecinta kuliner, khususnya warga muslim, bisa tenang mengkonsumsi makanan di restoran.

“Semua restoran nanti harus ada sertfikat halalnya, ini sangat penting,” kata Anton, usai memberikan diseminasi Juru Sembelih Halal (Juleha) di Hotel Savana, beberapa menit lalu.

Upaya menuju ke arah itu sudah dilakukan dengan program Juleha yang ditelurkan Dinas Pertanian. Nantinya para juru sembelih bisa bekerjasama dengan restoran, agar warga semakin yakin dengan tingkat kehalalan makanan.

“Menyembelih secara halal ini selain aman dari segi agama juga bagian dari kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Hadi Santoso, menegaskan awalnya Juleha memang dilakukan untuk sembelih hewan pada saat Idul Qurban. “Tapi sekarang kita kembangkan untuk kuliner. Kami harapkan restoran bisa memajang jika juru sembelih-nya itu sudah bersertifikasi halal,” kata Hadi.

Menurutnya, program Juleha ini pertama kali di Indonesia dan Kota Malang akan mencetak sebanyak 55 Juleha. “Mereka bisa mendapat sertifikat halal dan sertifikat juru sembelih,” pungkasnya.