Anton: Orang Tua Agar jangan Mudah Lakukan Kriminalisasi Guru

0
21
Wali Kota, HM Anton

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, mengimbau kepada seluruh orang tua dan wali murid agar tidak mudah melakukan kriminalisasi terhadap guru.

Ia mengaku miris dengan sikap beberapa orang tua seperti kasus yang belakangan terjadi di lain daerah. Banyak guru dilaporkan ke polisi karena dianggap melakukan tindak kekerasan kepada siswa.

“Saya imbau kepada masyarakat janganlah mudah melakukan kriminalisasi kepada guru. Mereka itu pahlawan pendidikan, saya yakin tujuan mereka itu mendidik, bukan menyakiti siswa,” kata Anton usai melakukan peletakan batu pertama musala di SDN Bandulan 4.

Wali Kota mengaku cukup miris dengan kasus terakhir, salah satu guru dipukuli wali murid hingga berdarah. Ia berharap agar kasus serupa tidak terjadi di Kota Malang yang terkenal dengan kota pendidikan.

“Dulu waktu saya sekolah, dipukul guru karena tidak kerjakan tugas atau kukunya panjang itu biasa saja. Tapi mereka kan tidak keterlaluan dan masih dalam koridornya sebagai pendidik,” tukasnya.

Anton berharap orang tua ataupun wali murid agar menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada guru pada saat mereka di sekolah. “Kolaborasi itu penting antara orang tua dan guru dalam menciptakan karakter anak yang baik dan anak yang pintar,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Zubaidah, mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti petuah Wali Kota Anton dengan membuat surat edaran yang ditujukan kepada orang tua atau wali murid.

“Kita akan coba berikan surat edaran kepada orang tua murid, nanti akan saya tindaklanjuti,” kata Zubaidah.