Anton: Koperasi Harus Tumbuhkan UKM

0
21
HM Anton

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, berpesan kepada seluruh koperasi agar tangguh dan menjadi soko guru ekonomi nasional khususunya di Kota Malang.

Ia berharap koperasi tidak hanya meningkatkan kelembagaannya, tapi juga bisa memberikan wadah untuk kesejahteraan anggotanya.

“Lembaga ini harus membangun sinergitasnya dengan pemerintah apalagi kita menghadapi MEA,” Kata anton saat membuka rapat kerja Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Daerah Kota Malang.

Ditegaskan, peran koperasi tidak hanya berkutat masalah simpan pinjam semata, namun dalam kiprahnya lembaga ini harus bisa menjadi wadah ekonomi kreatif khususnya para pemuda.

“Kalau kita tidak bisa memberdayakan pemuda kita, nantinya mereka hanya menjadi penonton. Karena itu koperasi harus berperan dalam menumbuhkan UKM,” tandasnya.

Syarat badan hukum koperasi, lanjut Anton sangat penting karena berkaitan dengan pengelolaan uang masyarakat.

“Kita tidak bisa seperti yang dulu, pemerintah harus hati-hati. Harus ada badan hukum dan sertifikasi,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dekopin Kota Malang, Herman Suryo Kumoro, menegaskan, selama ini hubungan antara koperasi dan pemerintah selalu bersinergi dengan baik.

“Kota Malang ini menjadi barometer di Jawa Timur,” kata Herman.

Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) itu mengaku mendukung langkah wali kota merapikan koperasi bodong dengan cara membatalkannya.