Anggota Polri Harus Contoh Perjuangan Komjen M Jasin

0
6
Prosesi pergantian pasukan untuk melanjutkan perjalanan (fathul)

MALANGVOICE – Kepala Satuan Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Rudi Kristanto, berharap pelaksanaan napak tilas perjuangan Komjen HM Jasin yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional, dapat dijadikan teladan dalam keikhlasan perjuangan.

Karena dalam sejarah, M Jasin dicatat berjuang dengan sekuat tenaga sejak dari Madiun hingga pertempuran yang dikenang sepanjang masa, 10 November di Surabaya. Ia bersama Ruslan Abdul Gani dan Soetomo atau dikenal dengan sebutan Bung Tomo, waktu itu.

“Kiprah beliau sungguh luar biasa, mulai peperangan melawan penjajah di Surabaya, perjuangan di Madiun, hingga perjuangan saat APRA (Angkatan Perang Ratu Adil -red),” kata Rudi kepada wartawan usai pelepasan anggota Brimob yang melanjutkan perjalanan.

Rencananya, agenda itu akan dibuat tahunan sebagai pengingat perjuangan Polri. Karena sejarah Polri merupakan sejarah Brimob, saat melawan penjajahan Belanda, Jepang, hingga semangat mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari agresi Belanda.

“Terakhir, Komjen Jasin menempati posisi Kepala Mobile Brigade Besar. Kami ingin Brimob meneladani beliau, khususnya dalam pelayanan masyarakat. Jadi selain melakukan napak tilas, anggota juga banyak yang kerja bakti, dan memberi bantuan sosial,” tandasnya.