Anda Stres, Jangan ‘Disimpan’!

0
30
Stres jangan disimpan. (formulaoracle.com)

MALANGVOICE – Kunci bahagia adalah dengan berbagi kepada orang lain. Sebuah studi di University of Southern California, mengungkap, stres sebaiknya tidak disimpan sendiri. Dengan membaginya, itu akan mengurangi stres.

Membagi stres dengan seseorang yang memiliki reaksi emosional mirip, dapat menurunkan kadar stres daripada berbagi dengan orang yang tidak pernah memiliki atau merasakan pengalaman yang sama.

Dalam studinya, peneliti tersebut mengukur kondisi emosi, kadar hormon kortisol, dan rasa terancam dalam diri 52 relawan wanita. Mereka diminta untuk menyiapkan rekaman pidato.

Selanjutnya, mereka dibagi berpasangan untuk mendiskusikan perasaan mereka terhadap situasi atau masalah yang mereka hadapi. Khususnya perasaan stres menghadapi pidato yang mereka harus jalani.

Ditemukan, bahwa pasangan yang memiliki kondisi emosi mirip akan membantu individu untuk melawan kadar stres yang tinggi. Hal ini bisa dimisalkan dalam situasi kerja. Semisal Anda diberi tugas untuk memberikan presentasi atau projek besar, sedikit banyak Anda pasti akan merasa stres.

Oleh karena itu, bagilah tugas atau berceritalah kepada teman kantor yang serupa sehingga stres Anda bisa berkurang.-

sumber: foxnews.com