Anang: Rendra Harusnya Beri Kesempatan Wakilnya Bicara

0
13
Anang Sudjoko.

MALANGVOICE – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Brawijaya (UB), Anang Sudjoko, melihat ada yang tidak sempurna pada penampilan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Malang, H Rendra Kresna-H Sanusi, pada debat kandidat di Gedung DPRD Kabupaten, tadi malam.

Calon petahana, Rendra Kresna, jelas Anang, cenderung tampil single fighter, tidak memberi ruang kepada Sanusi, calon wakilnya, untuk berbicara.

Ia menilai, meski hal itu masuk dalam ranah strategi debat, namun idealnya Rendra Kresna tetap berbagi dengan wakilnya.
“Itu akan menunjukkan bagaimana pasangan itu bisa bersinergi jika nantinya terpilih menjadi bupati dan wakil bupati,” kata Anang Sujoko.

Dijelaskan juga, kecenderungan model komunikasi seperti itu lebih mengarah kepada kepemimpinan satu pintu. Karena ketika terpilih nanti, wakil bupati juga memiliki tugas dan tanggung jawab.

Terkait pola komunikasi politik Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi, ia menekankan pada corak dan kultur masyarakat Kabupaten Malang yang berbeda dengan corak masyarakat kota.

“Dua calon perempuan itu bagus, tapi ada beberapa kendala, karena pemilih biasanya cenderung tidak ingin dipimpin perempuan, nah, usaha meyakinkan itulah yang harus diintensifkan,” beber Anang.-